Pemprov Jawa Tengah Apresiasi Gerak Cepat Relawan Komunitas Sungai di Klaten

1 min read

Adanya komunitas sungai di Klaten memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar.

Satu di antaranya adalah Komunitas Sungai Poitan (KSP) yang ada di Desa Jagalan, Kecamatan Karangnongko, Klaten.

Selain hadir sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan, Komunitas Sungai Poitan turut berperan dalam berbagai kegiatan mitigasi maupun tanggap bencana.

Peran beberapa komunitas sungai di Klaten kini telah banyak menuai apresiasi dari pemerintah, satu di antaranya datang dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jawa Tengah, Sarwo Pramono memuji peran komunitas sungai yang ada di Klaten.

Di hadapan relawan Komunitas Sungai Poitan pada Minggu pagi (1/3/2020), pihaknya menyampaikan rasa bangga Gubernur Jawa Tengah bahwa komunitas sungai di Klaten ini hampir semuanya menjadi pioner yang maju di Indonesia, sehingga selalu diapresiasi oleh BNPB.

Lebih lanjut, Sarwo Pramono juga kagum dengan semangat gotong-royong dari komunitas dan relawan Klaten dalam beberapa kasus kebencanaan.

“Secara bertahap peralatan dan upaya mitigasi yang dimiliki Komunitas Sungai di Klaten ini semakin baik, sehingga bisa meminimalisir dampak bencana. Kemarin di Klaten waktu tanggul jebol, itu semuanya quick respon, semuanya responsif, bergotong royong hadir menambal bersama-sama. Itu hebat,” ungkap Asisten 1 Setda Provinsi Jawa Tengah di hadapan para relawan dalam acara Hari Ulang Tahun ke 3 Komunitas Sungai Poitan.

Senada dengan pernyataan tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani turut bangga dengan adanya relawan dan komunitas yang memiliki kepedulian sosial tinggi di Kabupaten Klaten.

Sumber: Tribun News

(Visited 4 times, 1 visits today)
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *