Harga Sembako di Klaten Terpantau Stabil

2 min read

Bupati Klaten Sri Mulyani melakukan pemantauan harga sembilan kebutuhan pokok (sembako) di Pasar Induk Klaten  menjelang lebaran (Rabu, 29/05) untuk memastikan harga dan stok di pasar dalam kondisi aman.  Dari hasil pemantauan pasar, harga  sembako di Klaten dalam kondisi relatif stabil.

Dari hasil pemantauan  di  Pasar Induk Klaten harga telur dijual 24 ribu/kg, daging ayam dijual 34 ribu/kg, daging sapi dijual 100 ribu/kg.  Sedang harga bumbu dapur seperti bawang yang pernah meroket beberapa bulan terakhir, mulai stabil. Bawang putih dijual 30 ribu/kg, bawang merah kecil dijual 20 ribu/kg sedangkan bawang merah besar dijual 23 ribu/kg.

Pemantauan harga oleh pemerintah ini selain untuk pemantauan harga sembako, juga dimaksudkan agar tidak terjadi penimbunan barang oleh pedagang di saat kebutuhan masyarakat meningkat menjelang lebaran.

“Harga sembako di Pasar Induk Klaten relatif stabil dan belum ada kenaikan harga yang signifikan.  Saya berharap para pedagang tidak menaikkan harga secara sembarangan serta tidak menimbun sembako.  Kepada masyarakat menjelang Idul Fitri juga perlu berhemat serta tidak boros sehingga dananya dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain” kata Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi Jaka Sawaldi Sekretaris Daerah, Purwanto Anggono Cipto Asisten Ekbang Kesra dan sejumlah pejabat.

Harga sembako yang stabil di pasar juga diakui pedagang.  Prihatin (45) salah satu pedagang Pasar Induk Klaten menjelaskan harga sejumlah barang relatif stabil.

“Harga di pasar masih stabil menjelang lebaran.  Contohnya ikan rese masih dijual 60 ribu/kg, telur dijual 24 ribu/ kg” ujarnya.

Kedatangan Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi sejumlah pejabat di Pasar Induk Klaten sempat menyita perhatian sejumlah pedagang dan masyarakat saat itu.  Tak ayal momen langka itu dimanfaatkan para pedagang dan masyarakat untuk foto selfi dengan Bupati Klaten. Sebagai oleh-oleh, Bupati Klaten Sri Mulyani menyempatkan membeli ikan asin layur, ikan teri dan cumi asin.

Sumber: Kabupaten Klaten

(Visited 27 times, 1 visits today)
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *