Eksplorasi Sumber Mata Air di Kabupaten Klaten

2 min read

Seluruh objek wisata di Kabupaten Klaten ditutup sementara sampai 29 Maret mendatang, imbas wabah Covid-19 (corona). Meski begitu, tidak ada salahnya memasukkan Umbul Tirto Mulyono atau Umbul Pluneng menjadi daftar destinasi wajib berikutnya.

OBJEK wisata dengan kesegaran mata air alami ini terletak di Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum. Akses ke lokasi bisa dijangkau dari Kota Klaten dengan menggunakan kendaraan bermotor. Mengingat tidak ada transportasi umum yang bisa mengantarkan wisatawan untuk menuju ke Umbul Pluneng. Meski begitu lokasinya mudah dicari karena berdekatan dengan kantor Kecamatan Kebonarum dan Puskesmas Kebonarum.

Ketika hendak berenang di Umbul Pluneng, cukup membayar tiket masuk yang dibanderol sebesar Rp 5.000 saja. Pada bagian utama umbul memiliki luas sekitar 700 meter. Terbagi menjadi tiga kolam. Mulai dari kolam renang besar ukurang 50 m x 12 m dengan kedalaman 2,2 meter, kolam remaja dengan ukuran 25 m x 7 m dengan kedalaman 1,5 meter serta kolam anak berukuran 4 x7 meter kedalaman 70 cm.

Meskipun berenang pada siang hari, tetapi airnya tetap terasa dingin dan segar. Terlebih airnya begitu bening sehingga bisa melihat dasar Umbul Pluneng yang masih tersusun dari tumpukan bebatuan sungai berwarna gelap. Kondisinya pun selalu bersih karena mengalir ke pintu pembuangan air menuju selokan yang mengarah ke persawahan.

Fasilitas pendukung di sekitar area utama Umbul Pluneng menyediakan sejumlah kamar bilas sekaligus kamar ganti. Termasuk tempat duduk yang mengelilingi kolam hingga persewaan ban karet. Hal ini menjadikan Umbul Pluneng bisa digunakan tempat pemandian bagi keluarga.

Apabila masih kurang puas berenang di area utama dari Umbul Pluneng, bisa melanjutkan di area waterpark yang memiliki luas sekitar 3.800 meter persegi. Tepat berada di sampingnya, meski begitu tidak perlu membayar tiket masuk lagi karena menjadi satu kesatuan dari fasilitas pemandian tersebut.

Waterpark ini memang cocok bagi kalangan anak-anak hingga remaja. Terutama bagi yang ingin berwisata air di kolam yang tidak terlalu dalam. Pengunjung bisa berenang di kolam arus, kolam anak dan kolam remaja. Terlebih lagi bisa bermain tepat di bawah ember tumpah.

Pada area waterpark juga tersedia sejumlah kamar mandi bagi pengunjung yang hendak bilas maupun ganti baju. Didukung dengan sebuah panggung utama, tanaman hingga areal parkir yang cukup luas.

Usai berenang bisanya akan merasakan lapar tetapi tidak perlu khawatir karena di sekitar Umbul Pluneng ditemui sejumlah warung. Mulai dari gorengan hangat hingga aneka minuman serta berbagai menu yang bisa mengganjal perut.

Sumber: Jawa Pos

(Visited 3 times, 1 visits today)
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *